Karena akhir tahun semakin dekat, daftar dan peringkat akhir tahun yang tak dapat dihindari pun mulai akan dirilis. Label media Korea Star News baru-baru ini mengumpulkan daftar produser yang paling sukses tahun 2011, berdasarkan chart bulanan Melon.
Bukan hanya menghitung penjualan album, daftar itu didasarkan pada berapa banyak lagu yang masing-masing produsen berhasil tempatkan di peringkat 50 teratas tangga lagu bulanan Melon dari Januari hingga November tahun ini. Sebanyak 315 track yang memenuhi syarat untuk dipertimbangkan untuk ranking ini.
1. Yang Hyun Suk, YG Entertainment – 19 tracks
Hip-hop powerhouse YG Entertainment dengan bangga mengklaim titel produser paling sukses tahun ini, menempatkan total 19 lagu dari grup seperti Big Bang, 2NE1, dan solois Tablo.
Big Bang sendiri menempatkan 13 lagu dari 19 lagu, termasuk unit grup GD&TOP “High High”(Januari, peringkat ke-3), “Oh Yeah” (January, peringkat ke-2), “Don’t Go Home” (January, peringkat ke-27), dan “Knock Out” (Januari, peringkat ke-12). Seungri, mempromosikan sebagai seorang solois, juga memberikan kontribusi 2 lagu dengan “V.V.I.P” (Februari, peringkat ke-36) dan “What Can I Do” (Februari, peringkat ke-9)
Dari mini album ke-4 mereka, Big Bang mendapatkan hit dengan “Hands Up” (Maret, peringkat ke-12), “Tonight” (Maret, peringkat ke-1), “Somebody to Love” (Maret, peringkat ke-14), “What is Right” (Maret, peringkat ke-5), “Cafe” (Maret, peringkat ke-6), “Love Song” (April, peringkat ke-10), dan “Stupid Liar” (Maret, peringkat ke-36).
2NE1 juga memiliki tahun baik dengan 5 lagu di tangga lagu bulanan top 50 di Melon, “Lonely” (Mei, peringkat ke-3), “I Am the Best” (Juli, peringkat ke-2), “Ugly” (Agustus, peringkat ke-1), “Hate You” (Agustus, peringkat ke-3) dan single Park Bom “Don’t Cry” (Mei, peringkat ke-1) semuanya adalah lagu sukses tahun ini.
Untuk artis terbaru YG, solois hip-hop Tablo mencapai start yang bagus dengan label barunya dengan total 3 lagu. “Airbag” (Oktober, peringkat ke-24), “Tomorrow” (November, peringkat ke-16), dan “Bad” (November,peringkat ke-17) semuanya mengkontribusikan kesuksesan YG Entertainment di tahun 2011.
2. Hong Seung Sung, Cube Entertainment – 17 tracks
Cube Entertainment di bawah kepemimpinan Hong Seung Sung menciptakan sebuah tahun yang fenomenal, naik di nomer 2 di daftar melewati beberapa perusahaan produksi yang telah berdiri lama. Dengan grup-grup seperti B2ST, 4minute, HyunA, G.NA, A Pink, dan Huh Gak, Cube Entertainment melanjutkan kesuksesannya di tahun 2011 dengan grand total 17 lagu di top 50 tangga lagu bulanan Melon.
B2ST melakukan bagian mereka dengan kesuksesan lagu seperti “On Rainy Days” (Juni, peringkat ke-3), “Beautiful” (Januari, peringkat ke-34), dan “Fiction” (Juni, peringkat ke-5), sementara teman satu label 4minute juga perform secara utuh dengan “Heart to Heart” (April, peringkat ke-11) dan “Mirror, Mirror” (April, peringkat ke-13).
Dihitung terpisah adalah HyunA, yang debut sebagai solois tahun ini dengan “Bubble Pop” (Juli, peringkat ke-11) dan “A Bitter Day” (Juli, peringkat ke-31). Artis solo reguler, G.NA juga mendapatkan nilai bagus dengan “Black & White” (Februari, peringkat ke-3) dan “Top Girl” (September, peringkat ke-6).
Namun, kartu As sesungguhnya untuk Cube tidak lain adalah bintang baru Huh Gak, yang naik popularitasnya melalui reality show ‘Superstar K3‘. Dia menempatkan total 6 lagu di tangga lagu ini – “Always” (Januari, peringkat ke-29), “Happy Me” (Januari, peringkat ke-30), dan “Because You’re Mine” (Januari, peringkat ke-43) memantapkan nilai mereka di bulan Januari meski dirilis di bulan November 2010. Selain itu, “Don’t Forget Me” (Juni, peringkat ke-6), “Hello” (Oktober, peringkat ke-1), dan “I Told You I Wanna Die” (November, peringkat ke-11) semua membuktikan keberaniannya sebagai salah satu dari “power rookies” tahun ini.
Sementara itu, grup rookie A Pink membuktikan kekuatan mereka sebagai salah satu girl grup luar biasa tahun ini dengan menempatkan “I Don’t Know” (Mei, peringkat ke-49) di daftar ini.
3. Shin Won Soo, LOEN Entertainment – 11 tracks
LOEN Entertainment memiliki sebuah tahun yang fantastis, didukung oleh meningkatnya popularitas ‘nation’s little sister’ IU, Sunny Hill dengan nada mereka yang baru dan ramai,  dan solois ZIA. Mereka memiliki total 11 track di kompilasi akhir tahun ini.
IU terhitung menyumbang 6 lagu, termasuk “Good Day” (Januari, peringkat ke-1), “This is Awkward” (Januari, peringkat ke-23), “The First Goodbye That Night” (Januari, peringkat ke- 48), ”Merry Christmas in Advance” (Januari, peringkat ke-31), “The Story Only I Didn’t Know” (Maret, peringkat ke-2), dan “A Cruel Fairy Tale” (Maret, peringkat ke-31).
Grup campuran Sunny Hill juga mendapat nilai tinggi dengan album comebcak mereka, dengan keduanya mendapatkan kesuksesan, “Midnight Circus” (Juli, peringkat ke-20) dan “Pray” (Agustus, peringkat ke-49). Teman satu label, solois ZIA juga tampil sempurna, menempatkan “Don’t Go” (Januari, peringkat ke-17), “The Way I Am” (Oktober, peringkat ke-10), dan “I Hope It’s You” (Oktober, peringkat ke-26) di tangga lagu.
4. Kim Kwang Soo, Core Contents Media – 10 tracks
Sebagai rumah dari T-ara, Davichi, Coed School, dan grup yang kini telah bubar SeeYa, Core Contents Media juga memiliki tahun yang luar biasa dengan menempatkan 10 lagu. T-ara yang bertanggung jawab separuh dari mereka, termasuk “Why Are You Being Like This” (Januari, peringkat ke-13) dan “Yayaya” (Januari, peringkat ke-14) sebagai peninggalan dari album tahun sebelumnya (2010). Tahun ini, mereka mendapatkan nilai besar dengan “Roly Poly” (Juli, peringkat ke-5), “Beautiful Girl” (Februari, peringkat ke-49), dan “Cry Cry”  (November, peringkat ke-13).
“One Person” milik Davichi (Maret, peringkat ke-49), “Don’t Say Goodbye” (September, peringkat ke-2), dan “Love My Love” (Oktober, peringkat ke-11) semua menampilkan kinerja bagus, begitu juga sub unit dari Coed School, 5dolls, dengan “Like This Like That” (Juni, peringkat ke-17).
Sementara itu, grup SeeYa menciptakan sebuah ledakan dengan “You’re Gorgeous to Me” (Februari, peringkat ke-23).
5. Lee Soo Man, SM Entertainment – 8 tracks
Rumah produksi yang kuat dan telah bertahan lama SM Entertainment juga menciptakan tahun yang sukses, dengan artis-artis seperti SNSD, f(x), TVXQ, and Super Junior memimpin pertumbuhan Hallyu Wave.
Gadis-gadis dari SNSD menciptakan kinerja baik dengan “The Boys” (November, peringkat ke-5) dan “Mr. Taxi” (November, peringkat ke-33), maupun lagu solo Taeyeon “I Love You” (Januari, peringkat ke-10) dan duetnya dengan The One, “Like a Star” (Januari, peringkat ke-21).
f(x) juga mendapat nilai bagus dengan “Hot Summer” (Juli, peringkat ke-6) dan “Pinocchio” (Mei, peringkat ke-2), sementara “Keep Your Head Down” milik TVXQ (Februari, peringkat ke-16) dan “Mr. Simple” milik Super Junior (Agustus, peringkat ke-6) juga mendapat peringkat tinggi.
6. Park Jin Young (J.Y. Park), JYP Entertainment – 7 tracks
Dengan antisipasi besar dari comeback Wonder Girls maupun melanjutkan sukses dari 2PM dan Miss A, JYP Entertainment juga punya banyak untuk dirayakan.
Kembali dari Amerika Serkat, Wonder Girls menghasilkan grup sukses di tangga lagu, dengan “Be My Baby” (November, peringkat ke-3), “G.N.O” (November, peringkat ke-43), “Girls Girls” (November, peringkat ke-44), dan “Me, In” (November, peringkat ke-32).
2PM dengan “Hands Up” (Juli, peringkat ke-4) dan Miss A dengan “Love Alone” (Mei, peringkat ke-26) dan “Goodbye Baby” (Agustus, peringkat ke-2) juga merupakan hit yang bagus, membantu JYP ke kesimpulan sebagai tahun kuat lainnya.
7. Kim Shi Dae, Starship Entertainment – 7 tracks
Starship Entertainment, rumah dari artis-artis seperti SISTAR dan K.Will, juga memmbuatnya menempati chart bulanan top 50 Melon dengan 7 lagu. SISTAR merasakan kesuksesan dengan “How Dare You“ (Januari, peringkat ke-5), “So Cool” (September, peringkat ke-5), dan “Hot Place” (Juni, peringkat ke-9), sementara K.Will juga membuktikan kekuatannya sebagai seorang solois dengan “Amazed” (Februari, peringkat ke-8), “My Heart is Beating” (April, peringkat ke-5), dan “Real Love Song” (Mei, peringkat ke-33). Sub unit SISTAR, SISTAR19, juga masuk tangga lagu dengan “Ma Boy” (Juni, peringkat ke-9).
8. Han Sung Soo, PLEDIS Entertainment – 6 tracks
Dengan berbagai sub unit, After School mendorong PLEDIS Entertainment ke sebuah tahun yang bagus dengan Orange Caramel menduduki chart dengan “Aing” (Januari, peringkat ke-32), “Bangkok City” (April, peringkat ke-8), dan “Shanghai Romance” (November, peringkat ke-24), maupun sub unit percobaan mereka After School Blue dan After School Red dengan “In the Night Sky” (September, peringkat ke-48) dan “Wonder Boy” (Agustus, peringkat ke-36), secara berturut-turut.
After School sendiri melewati sebuah tahun yang baik, dengan single Natal tahun lalu “Love Love Love” (Januari, peringkat ke-46) dan “Shampoo” (Mei, peringkat ke-5) keduanya menampilkan kinerja yang bagus.
Source: Star News
Trans (Kor-Eng): Allkpop
Indotrans: lollichocho@Koreanindo